Bagaimana Cara Kirim Paket Ke Luar Negeri?

Ekspedisi adalah bisnis nyata yang bergerak di bidang pengangkutan barang melalui darat, laut atau bahkan udara. Dan akan memberikan pelayanan yang efisien dan efektif yang bertujuan untuk dapat memuaskan keinginan pelanggan yang akan mengirimkan barangnya. Sekarang ini bahkan sudah ada cara kirim paket ke luar negeri yang cocok untuk Anda yang memiliki bisnis ekspor.

Bagaimana Cara Kirim Paket Ke Luar Negeri

Cara Kirim Barang Memakai Jasa Ekspedisi
1. Pemesanan

Sebelum melakukan perjanjian pengangkutan, Anda harus dapat melengkapi dokumen seperti KTP, NPWP dan SPPKP. Hal ini dilakukan untuk mempermudah proses komunikasi jika memang ada hal-hal yang dibutuhkan secara cepat pada saat penyampaian.

Tujuan dari dokumen tersebut juga untuk memudahkan transfer dan memudahkan pertukaran informasi jika di kemudian hari memang diperlukan hal-hal yang berbeda untuk menagih pembayaran. Pengiriman juga perlu menjelaskan secara detail barang apa saja yang akan dimuat dan dikirim. Ini karena juga mengetahui apakah barang tersebut bisa dikirim ke luar negeri atau tidak.

2. Menerima Dan Memeriksa Container Empty

Container empty yang digunakan harus sesuai dengan jenis barang yang akan dikirim. Penyedia jasa pengiriman akan memiliki container empty untuk pengiriman, dan pada titik ini pengirim berhak untuk memeriksa apakah peti kemas tersebut layak digunakan untuk pengangkutan barang.

Pengirim berhak menolak peti kemas yang dikirimkan jika dianggap tidak sesuai atau tidak sesuai dengan kondisi barang. Jika di kemudian hari terjadi kerusakan container dan pengambilan container kosong tidak terdaftar di EIR, maka customer akan bertanggung jawab.

3. Tentukan Berat Maksimum

Tentukan berat konten kontainer maksimum. Biasanya pihak pengangkut yang mengangkut barang tersebut akan menjelaskan berat peti kemas maksimum yang akan digunakan untuk pengiriman. Jika berdasarkan ukuran, container dibagi menjadi 20ft, 40ft HC, 40ft dan 45ft. tentunya juga jenis kontainer yang berbeda sesuai dengan jenis barang yang akan dikirimkan.

4. Ketentuan Untuk Barang Yang Memang Mudah Rusak

Kirim lebih banyak barang yang mudah rusak, seperti sayuran, buah-buahan, telur, dll yang telah ditangani dalam general purpose container. Wadah atau yang biasa dikenal dengan container merupakan sarana pengawetan, yang digunakan dalam proses pemindahan suatu barang. Wadah juga bisa disebut penyimpanan material baja. Kontainer juga dapat digunakan untuk menampung barang dan agar dapat diangkut dengan moda transportasi darat, laut dan udara.

Kedepannya apabila terjadi keterlambatan maka bukan menjadi tanggung jawab penyedia jasa apabila terjadi kerusakan di kemudian hari akibat keterlambatan moda transportasi yang digunakan pesawat atau kapal tersebut. Barang-barang dengan potensi kondensasi tidak boleh ditempatkan dalam wadah penuh. Pastikan barang-barang ini tidak mencapai bagian atas wadah agar selalu berventilasi selama pengangkutan.

5.Ketentuan Pengiriman Untuk Benda Yang Cair

Biasanya, kemasan dalam bentuk cair biasanya akan ditolak. Dalam hal ini, tidak hanya benda padat yang dapat dikirim oleh jasa pengiriman, tetapi benda cair pun dapat dikirimkan. Namun, akan sulit menemukan jasa pengiriman yang dapat mengirimkan barang cair ke luar negeri karena memiliki banyak risiko.

Tentunya setiap ekspedisi memiliki ketentuannya masing-masing yang juga nantinya akan disesuaikan dengan peraturan pengiriman di negara tujuan. Jadi tidak ada salahnya Anda bertanya dan mencari tahu terlebih dahulu agar tidak ada masalah barang ditahan dan pengiriman juga akan lebih cepat. Kilo.id bisa menjadi ekspedisi pilihan Anda yang ingin kirim barang ke luar negeri.

Deskripsi : cara kirim paket ke luar negeri bisa disesuaikan dengan ekspedisi yang digunakan dan peraturan dari negara tujuan.

 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.