Ali Jatuh Cinta pada Mutiara Saat Antre di Kantin Kampus, Tak Tahu Tia Putri dari Anies Baswedan

Putri Gubernur DKI Jakarta Mutiara Annisa Baswedan melangsungkan prosesi akad pernikahan dengan Ali Saleh Alhuraiby, Jumat (29/7/2022) pagi. Bagaimana kisah cinta Tia sapaan akrab Mutiara Annisa Baswedan dengan sang kekasih Ali Saleh Alhuraiby sebelum melangkah ke jenjang pernikahan? Mutiara Baswedan mengungkapkan pertemuan pertamanya dengan sang suami terjadi beberapa tahun silam di Kantin Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK) Universitas Indonesia.

"Ketemu di kantin RIK," kata Mutiara, Jumat (29/7/2022) malam usai resepsi pernikahannya dengan Ali Alhuraiby di Candi Bentar Hall, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Jumat (29/7/2022) malam. Menanggapi jawaban singkat Mutiara, Ali lalu bercerita kisah pertemuan awal di kampus yang nyatanya berlanjut hingga pelaminan itu. Ali mengaku jatuh cinta pada pandangan pertama dengan Mutiara saat melihatnya antre di kantin kampus.

Meski sama sama anak UI, keduanya belum pernah kenal sama sekali sebelum momen pertemuan di Kantin RIK, yang tak disebutkan secara pasti kapan terjadi. Ketika itu, Ali yang merupakan mahasiswa Fakultas Kedokteran UI sedang antre membayar makanan berada persis di depan Mutiara yang juga menunggu gilirannya. "Waktu itu ketemu di kantin RIK, lagi mau bayar, kami antre depan belakang, saya di depan dia saat itu," ungkap Ali.

Ketika menengok ke belakang, ternyata Ali merasakan cinta pada pandangan pertama. Ali mengaku takjub tatkala melihat sosok wanita muda yang ikut antre di belakangnya yang tak lain adalah Mutiara. "Terus pas menghadap ke belakang, eh, masya Allah ya," kata Ali disambut tawa awak media.

Ali kemudian berkenalan dengan Mutiara yang ternyata anak Fakultas Hukum UI. Namun saat itu Ali belum tahu kalau wanita yang kelak dipersuntingnya itu adalah putri Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta. Ketika pertama kali mengetahui wanita yang menarik hatinya itu adalah anak seorang gubernur, Ali mengaku sempat agak kaget.

Tapi, karena memang sudah merasa cocok dan sepemikiran dengan Mutiara, Ali dengan segala kesiapannya akhirnya mempersunting kawan sekampusnya itu. "(Awalnya) belum tahu (anak Anies Baswedan, pas tahu, waduh telanjur ini ya udah dilanjut aja lah," kata Ali. "Kebetulan sama Mbak Tia nya enak ngobrolnya, cocok komunikasi, dan pemikiran sama," ungkapnya.

Sepupu Mutiara Baswedan, Irfan Saleh Ganis mengungkapkan perjalanan hubungan putri sulung Anies Baswedan tersebut dengan Ali Saleh Alhuraiby menjelang pernikahan. Ditemui di lokasi resepsi pernikahan Mutiara dan Ali di Candi Bentar Hall, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Irfan menuturkan perjalanan hubungan dua sejoli itu berawal di kampus. Diungkapkan Irfan, kedua mempelai itu menjalin hubungan sebagai selayaknya seorang pria dan wanita yang hendak mengenal baik satu sama lain sebelum memutuskan untuk serius.

Irfan mengatakan, Mutiara dan Ali tak pernah menunjukkan seperti dua insan yang berpacaran, melainkan lebih saling menjaga. "Mereka menjalin hubungan itu perkenalan ya, saya nggak ngeliat mereka berpacaran seperti yang anak anak zaman sekarang lakukan," kata Irfan, Jumat (29/7/2022) malam. "Mereka berdua saling menjaga, mereka tahu satu sama lain bukan muhrim, mereka hanya melakukan perkenalan, dan lain lain, sampai sekarang akhirnya mereka menikah baru mungkin mereka bisa bareng," papar Irfan.

Irfan sendiri terpilih menjadi salah satu pagar bagus dalam pernikahan mengusung adat Jawa antara Mutiara dan Ali malam ini. Dia merasa begitu bahagia bisa melihat sepupunya akhirnya dipersunting pria seperti Ali yang dikenal taat beribadah. "Seneng banget sih ngeliat mereka berdua bareng, karena kebetulan kenal sama dua duanya," kata Irfan.

"Bahkan denger denger cerita dari temen tuh katanya tiap subuh Ali tuh ada di saf depan masjid, selalu subuhan di masjid. Alhamdulillah mereka berdua bisa bareng," ujarnya. Teman satu kampus Mutiara Baswedan, Giani Virginia juga mengungkapkan perjalanan hubungan asmara antara putri sulung Anies Baswedan itu dengan Ali Saleh Alhaerubi yang kini menjadi suaminya. Giani mengatakan, hubungan antara Mutiara yang akrab disapa Tia dan Ali kerap kali diwarnai pertemuan pertemuan di masjid hingga kantin Universitas Indonesia.

"Iya (sering ketemu di masjid), dan pernah ketemu juga di kantin, jadi ya emang udah dari sejak kuliah sih," kata Giani. Giani yang merupakan alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia angkatan 2015 juga mengungkapkan bahwa perkenalan keduanya sudah berlangsung cukup lama. Bahkan, ungkap Giani, benih benih cinta antara dua teman sekampusnya itu sudah lama tumbuh.

"Sebenarnya kalau Tiara dan Ali itu mereka saling kenal ketika di kampus ya, di UI, karena Ali kan dari FKUI (Fakultas Kedokteran UI) sedangkan Tia sama saya di FHUI," kata Giani. "Jadi mereka waktu itu saling kenal udah dari lama juga sih, sudah saling suka gitu," ujarnya. Secara personal, Giani sendiri telah mengela Tia lebih dari 10 tahun, terutama ketika keduanya sama sama duduk di bangku SMP Al Izhar Pondok Labu.

Bagi Giani, Tia adalah sosok yang ceria dan ramah kepada semua orang. "Tia itu orangnya ceria, baik, down to earth, ramah sama semua orang. Tadi dia juga baru menjalani pernikahan dengan Ali, cantik banget, sukses terus buat Tia, semoga sakinah, mawadah, warahmah dengan Ali," ungkap Giani. "Semoga Tia tetap seperti yang sekarang, semoga dia tetap humble sama setiap orang, dan baik, dan juga keep being herself sih," ujarnya.

Mutiara Annisa Baswedan adalah putri sulung dari Anies Baswedan. Ia memiliki tiga adik yang bernama Mikail Azizi, Kaisar Hakam, dan Ismail Hakim. Dalam riwayat pendidikannya, Mutiara mengenyam pendidikan di SMA Labschool Kebayoran.

Selanjutnya, ia melanjutkan pendidikannya di Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Ia lulus pada Oktober 2020. Mutiara juga mencetak deretan prestasi.

Contohnya pada tahun 2014 Mutiara pernah mengikuti pertukaran pelajar selama setahun di Denmark pada 2014. Kemudian saat masih kuliah di UI, ia pernah mengikuti ajang National Model United Nations pada tahun 2018. Setahun berselang, Mutiara lolos seleksi dalam program Youth Ambassador yang dikirim ke Amerika Serikat.

Adapun program tersebut adalah kerja sama Kedutaan Besar AS serta Kementerian Luar Negeri. Di tahun yang sama, dia kembali mengukir prestasi dengan menjadi finalis Duta Muda ASEAN Indonesia. Selain itu, ia merupakan pendiri dari Indonesia Mengajar.

Suami putri sulung Anies Baswedan, Mutiara Annisa Baswedan yang bernama Ali Saleh Alhuraiby. Ali Saleh Alhuraiby adalah lulusan Fakultas Kedokteran UI. Dikutip dari Wartakota, ia mampu untuk lulus hanya dalam waktu 3,5 tahun.

Sosok Ali Saleh pertama kali muncul ketika Mutiara mengunggah momen lamar di akun Instagram pribadinya, @mutiarabaswedan. Dalam foto yang diunggah pada 3 Juni 2022 itu, nampak Mutiara tersenyum bahagia saat akan dilamar oleh pria berkacamata yang wajahnya hampir tertutup sepenuhnya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.