Tips Memilih Oli Mobil yang Jarang Digunakan, Perhatikan Faktornya!

Tips memilih oli mobil yang jarang digunakan perlu ketelitian dan kecermatan. Solusinya adalah dengan membawanya ke mitra Otoklix terdekat. Pada dasarnya pengguna perlu memahami oli mobil karena berkaitan erat dengan kinerja mesin mobil dan banyak hal lainnya. Bermaksud ingin meningkatkan performa mobil namun salah memilih oli mengakibatkan mesin menjadi bekerja tidak maksimal.

Karena salah pemilihan pelumas mobil ini dapat mengurangi masa pemakaian mobil. Kenapa begitu? Bukankah mobil juga sering tidak digunakan? Kenapa perlu memperhatikan oli yang tidak digunakan pula? Pertanyaan ini mungkin banyak yang terbesit dalam pikiran Anda. Untuk mengetahui secara jelas maka Anda perlu pemahaman terkait oli mobil tersebut.

Ketahui Tips Memilih Oli untuk Mobil yang Jarang Dipakai

Tips Memilih Oli Mobil yang Jarang Digunakan, Perhatikan Faktornya!
Pada dasarnya semua oli mobil hampir sama berdasarkan fungsinya yakni untuk meningkatkan kinerja mesin mobil. Namun tahukah Anda bahwa hal yang membedakan adalah tingkat kekentalan juga viscosity dari setiap pelumasnya tersebut. Penggunaan oli mobil tersebut untuk menahan suhu panas yang ada pada mesin mobil.

Hal ini dengan tujuan agar mobil terhindar dari kondisi overheat. Namun kehadiran berbagai produk oli di pasaran seringkali membuat sebagian orang salah menentukan oli mobil untuk perawatan.

Alih-alih membelinya untuk perawatan, ketika lama tidak digunakan akhirnya kualitas oli menjadi menurun dan membuat performa mesin menjadi kurang baik. Tips memilih oli mobil yang tepat adalah sebagai berikut.

Pahami Karakter Mesin Mobil
Hal pertama saat membeli pelumas mobil adalah mengenali karakter mesin mobil yang Anda miliki. Hal ini menjadi langkah awal yang paling menentukan untuk performa mesin selanjutnya.
Tips memilih oli mobil yang jarang digunakan pelajari seluk beluk mesin mobil melalui panduan maupun mencari referensi dari internet. Apabila Anda tidak memahami hal ini maka bisa saja Anda salah memilih pelumas. Sehingga kendaraan menjadi tidak bertenaga.

Dalam panduan biasanya sudah ada rekomendasi oli mobil yang sesuai dengan kendaraan Anda. Jangan terpaku pada merek saja karena hal yang perlu Anda utamakan adalah kesesuaian dengan spesifikasi mobil itu sendiri. Terlebih nantinya ketika oli lama tidak digunakan juga memiliki pengaruh besar pada mesin Anda.

Kenali Jenis Oli Mesin
Selanjutnya Anda perlu memahami jenis oli mesin yang ada di pasaran. Untuk pengetahuan Anda, terdapat tiga tipe oli mesin baik semi sintetis, full synthetic dan oli konvensional.
Perlu Anda ketahui bahwa oli konvensional ini sangat baik untuk Anda gunakan hingga 5000 kilometer. Hanya saja dari segi ketahanan relatif rendah terhadap oksidasi juga panas.
Sementara jika oli full synthetic merupakan kebalikan dari konvensional. Kelebihannya adalah memiliki ketahanan terhadap oksidasi dan panas.

Oli tersebut memiliki daya tempuh relatif tinggi hingga 10.000 km. Sementara oli jenis semi sintetis adalah perpaduan dari kedua tipe lainnya. Tips memilih oli mobil yang jarang digunakan sebelumnya mempertimbangkan dari jenis oli itu sendiri.

Ketelitian Memilih Sertifikasi
Selanjutnya adalah memilih oli dengan memperhatikan sertifikasi. Apabila oli tersebut mendapatkan sertifikasi dari API atau American Petroleum Institut, juga International Lubricant Standardization and Approval Committe dan Association of Certified European Automakers. Jika oli yang Anda pilih termasuk dalam sertifikasi tersebut meskipun lama tidak digunakan akan tetap berkualitas.

Faktor Kekentalan Oli Mobil
Sebenarnya Anda juga bisa memperhatikannya dari segi kekentalan oli mobil. Perlu Anda ketahui, tingkat kekentalan oli dapat Anda lihat dari kode internasional yang sudah dikeluarkan Society of Automotive Engineers.

Pemilihan kekentalan tersebut memiliki pengaruh pada saat pengaliran minyak oli serta ketahanan suhu udara. Terlebih saat lama tidak digunakan.

Kode tersebut menunjukkan kemampuan suatu oli dalam menjaga stabilitas kekentalan terhadap pengaruh suhu mesin maupun lingkungan mulai dari panas atau dingin. Meskipun mobil jarang digunakan, namun mengganti oli dengan yang berkualitas adalah suatu keharusan. Ini adalah tips memilih oli mobil yang jarang digunakan.

Mungkin banyak pengguna yang jarang menjalankan mobilnya, sehingga sering mengabaikan oli mobil tersebut. Bukan berarti tidak menjalankan mobil tidak perlu oli mobil.

Oli mobil yang sudah dibeli apabila berkualitas tetap dapat digunakan. Namun oli mobil yang tidak sesuai standar, kemungkinan akan kurang baik apalagi setelah sekian lama tidak digunakan.
Sebaiknya Anda mulai memperhatikan dimana Anda membeli oli tersebut. Sekaligus memilih mana yang tepat. Jika Anda masih awam dan bingung menentukan pilihan oli mesin mobil maka Anda bisa datang ke mitra Otoklix.

Untuk menemukan bengkel terdekat dan terpercaya, kamu bisa memanfaatkan aplikasi Otoklix yang akan memudahkan kamu mencari pilihan bengkel atau bisa juga membawa ke bengkel milik Otoklix yang bernama OtoXpress. jarang digunakan dengan tepat maka memudahkan Anda dalam menjaga performa mesin mobil agar tetap prima.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.